- STRATEGI PEMBELAJARAN
Suatu Pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisienStrategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
- MODEL PEMBELAJARAN
Model:
Suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang sesungguhnya
Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuanModel Pembelajaran :
Contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai – tujuan pembelajaran
– Suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
- PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan
Suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu
(filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapaiPendekatan pembelajaran
Suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu
- METODE PEMBELAJARAN
Prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran
Metode adalah jabaran dari pendekatanSatu pendekakatan bisa dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan prosedur pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran
- Kesimpulan perbedaan antara Model, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran:
Model : gambaran proses pembelajaran yang disusun secara sistematis berdasarkan berbagai prinsip atau teori belajar digunakan untuk mengorganisir pengalaman belajar agar tujuan pembelajaran tercapai.
Misal : Model pembelajaran kontekstual (CTL), model pembelajaran berbasis masalah (PBM).
Pendekatan : titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran.
Misal : pembelajaran teacher centred dan student centred.
Strategi : perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Misal : pembelajaran langsung, pembelajaran discovery.
Metode : upaya mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata untuk mencapai tujuan secara optimal.
Misal : metode ceramah, diskusi, tanyajawab.
Lebih Lengkapnya silakan unduh disini.
BISAKAH KITA MENGAJAR DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN DENGAN METODE APLIKASI
pemakaian teknik, model, metode disesuaikan dengan materi dan karakteristik mata pelajaran yang ada.
rohmadi.info